Minggu, 15 Januari 2012

drama untuk 10 orang

Putri Jawa Masuk Kota

          Di suatu desa di daerah Jawa Tengah, terdapat seorang gadis cantik yang bernama Siti Saodah yang sedang gembira karena mendapat beasiswa untuk melanjutkan SMA di Kota Jakarta, dia pun lompat-lompat kegirangan saat mendengar kabar tersebut. Tak lama kemudian Siti menghampiri Irma yang sama-sama mendapatkan beasiswa

Siti : Hey (sambil menepuk pundak Irma dari belakang dengan suara keras)
Irma : Hey… asikkkkk kita ke Jakarta bereng-bareng
Siti : Iyaaa nih, ga sabar pengen cepet-cepet kesana…
Irma : Sama… aku juga sama… pengen cepet-cepet ngeliat monas
Siti : Ah, kamu jangan katro gitu deh…
Irma : Iya lah, kan aku belum pernah ke Jakarta, kalau yang aku liat di tv monas      itu tinggi banget. aku jadi pengen liat, bener ga sih..
Siti : kalo aku sih, pengen liat cowo-cowo keren di Jakarta
Irma : kamuuu, yang dipikirin tuh cowo lagi cowo lagi
Siti : Gpp dong, kan aku cantik..
Irma : Iya deh, terserah aja…

          Beberapa minggu kemudian, mereka berdua berangkat ke Jakarta, diantarkan oleh pihak sekolah dan orang tua…
Setelah sampai di Jakarta…

Irma : woyyyy jadi ini toh Jakarta, keren yahh..bangunannya pada bagus-bagus…
Siti : Iyaaa keren bgt, apalagi itu tuh (sambil nunjuk patung pancoran)
Irma : ko bisa kaya gitu yah sit, ga jatoh..
Siti : Iyaa lah, orang Jakarta kan pinter-pinter makannya tuh patung ga jatoh, buktinya ja kita dibawa ke Jakarta kan, itu berarti kita itu pinter.
Irma : Iyaa juga yahh.. (sambil liat kanan kiri)

          Setelah melihat-lihat, mereka mencari tempat kos-an yang sesuai dengan yang mereka inginkan. Pada malam harinya mereka berbincang-bincang sebentar sebelum tidur…

Siti : Irma, nampaknya aku harus ganti nama nih, supaya lebih keren dipanggil.,,,
Irma : Diganti sama apa ? udah siti bagus… jarang kan di kota nama siti..
Siti : Iyaa sih tapi kan…
Irma : emang kalo mau diganti, diganti sama apa ?
Siti : Elizabet, Aline atau Olla.. gimana ada yang bagus ga ?
Irma : (tertidur lelap karena menunggu terlalu lama)
Siti : ehhhh ini si Irma, malah tidur… ya udah deh aku juga tidur…

          Akhirnya mereka berdua pun tidur karena sudah tidak sabar untuk masuk sekolah. Keesokan harinya mereka pun bersiap-siap untuk berangkat ke sekolah…

Siti : wahhhh.. sekolahnya bagus amat…
Irma : iyaa..tingkat 3 lagi… wihhh liat tuh ada yang bawa mobil segala..
Siti : hmmm, ga slah kita dipilihin sekolah ini…
Irma : yukkk ah kita ruang kepsek…
Siti : yukkkkssss!!!!

          Tak lama setelah mereka masuk ke lingkungan sekolah terlihat 2 cowo cakep, yaitu Robert, dan Mario. dimana Robert adalah ketua kelompoknya…salah seorang siswa paling kaya di sekolah tersebut…
Mario: heh, liat tuh 2 cewe kampung itu…
Robert : mana-mana mana ?
Mario : itu tuh yang lagi culingak-culinguk (sambil menunjuk siti dan Irma)
Robert : mana ah, kaga keliatan ma gue!
Mario : ya ampun bos, itu itu keliatan ga ? (dengan nada sedikit kesal)
Robert : ohhh iyaaa iyaaa…ohhh itu, itu sih 2 anak yang dapet beasiswa gitu deh,     biasakan bokap gue, ngasih 2 beasiswa buat anak-anak kurang mampu…
Mario : jadi lu kenal sama 2 cewe itu bos ?
Robert : yaaa engga lah, ngapain juga gue musti kenal sama cewe kampung…
Mario : iyaaa yah bos bener juga, ke kantin yukk bos, laper nih, biasa belum   sarapan di rumah, seperti biasa juga bosss yang bayarin…
Robert : ahhh dasar, lu pada yaahh, giliran laper aja ke gue… ya udah deh. ayoo lets go kita ke kantin…

          10 menit kemudian bel masuk berbunyi, dan mereka bertiga pun lekas masuk ke kelas. Tak lama kemudian ibu guru pun datang ke kelas Robert dkk…

Guru : Assalamualaikum anak-anak. hari ini kalian kedatangan tamu baru 2 orang..     ayoo nak masuk jangan malu-malu… silahkan kalian memperkenalkan diri      satu persatu
Siti, Irma : baik bu..
Siti : perkenalkan nama saya siti saodah saya dari SMP 1 Wonogiri
Mario : ohhhh siti, kirain Katy, kerenan dikit napa namanya? (serempak anak satu    kelas tertawa) kalo yang satu lagi siapa namanya cantik! :p
Irma : ohh, saya…
Robert : iyaaa lah siapa lagi…
Irma : nama saya Irma Novianti, saya juga satu SMP yang sama dengan siti
Mario : nah ini aga-aga keren lah, walaupun dikit…
Guru : sudah sudah Mario jangan begitu, mereka masih baru disini…
Mario : iyaaa buu…
Guru : baik kita mulai pelajaran kita hari ini, buka halaman 3 tentang paragraph       duduktif dan induktif…

          setelah 2 jam berlalu, bel istirahat berbunyi, semua siswa berada di luar kelas… kembali siti dan Irma berkeliling untuk melihat-lihat… saat berkeliling siti dengan tidak sengaja menabrak seorang siswi yang bernama Ana

Ana : aduhhh…punya mata ga sih…
Nita : iyaaa, sakit nih
Siti : maaf, ga sengaja, punya ko mata, nih buktinya…
Ana : kalo punya mata, ngapain nabrak-nabrak
Siti : aku kan udah bilang ga sengaja, aku kan baru di Jakarta juga di sekolah ini,     jadi belum tau bener..
Irma : udah, udah, udah kalian ko malah berantem sih.. mending kita temenan aja…
Ana : apa temenan, huh ga level sama gue..
Nita : iyaaa nih, ga level
Siti : kok kamu gitu sih..
Ana : gpp dong terserah gue…

          akhirnya Ana dan Nita pun pergi meninggalkan mereka berdua…
(saat di kantin)

Irma : sit, kita duduk dimana ?
Siti : disana aja yu!
Siti : permisi boleh kami duduk disini ?
Bina : boleh saja, silahkan…

(setelah hening sejenak, akhirnya Bina bertanya)

Bina : kalian kelas berapa ?
Irma : kami kelas 10-8, kamu ?
Bina : aku kelas 10-6… sekelas sama Robert cs. dong
Irma : iyaa nih, kok kamu tau dia.
Bina : iyaaa lah mereka kan orang tajir di sekolah ini..
Siti : wah masa, pantesan mereka sombong…
Bina : yaaa pantes lah… btw nama kalian siapa ?
Siti : aku siti, dan ini teman baikku Irma, kamu ?
Bina : aku bina, salam kenal yaa… mulai sekarang kita jadi teman yaa…
Siti, Irma : terima kasih banyak…

          bel istirahatpun telah habis, mereka kembali ke kelas masing-masing…
saat pelajaran geografi…siti memandangi Robert dengan penuh kesal

Robert :  ngapain ngeliatin
Siti : ihhh gr, siapa juga yang liatin kamu
Robert : itu buktinya bukan merhatiin pelajaran, malah liat ke arah gue
Guru : siti, apa yang dimaksud dengan antroposfer ?
Siti : hmm,,,hmmm,,hmmm (sambil nyikut-nyikut tangan Irma)
Guru : ga bisa jawab ya, makannya perhatiin ke depan, jangan ke belakang…
Siti : iyaaa bu maaf…
Robert : rasain tuh (sambil melempar kertas)
Siti : huhuh..,
          akhirnya bel pulang pun berbunyi, siti dan Irma segera ke depan kelas 10-6 untuk bertemu dengan bina… tanpa mereka sadari, kelas bina adalah kelasnya ana yang ditabrak oleh siti tadi, dan merekapun berpapasan

Ana : eh, kamu lagi, kamu lagi..
Siti : iyaaa… ketemu lagi
Ana : ihh, males bgt ketemu kalian lagi…
(tak lama bina pun datang)
Bina : ayooo..kita berangkat
Siti, Irma : ayoooo (langsung meninggalkan ana sendirian)

          Saat berada di dalam rumah, Robert terus melamun memikirkan siti yang tadi memandanginya…kemudian ayah Robert datang

Ayah Robert : hey nak, kenapa kamu ?
Robert : gpp pap
Ayah Robert : terus kenapa kamu ngelamun ?
Robert : aku bilang gpp pap…
Ayah Robert : pasti ada yang dipikirkan, cewe yaa…
Robert : bukan pap, bukan…
Ayah Robert : lah terus apaan ?
Robert : ada dehhh… J (sambil meninggalkan ayahnya dan kemudian berkumpul dengan teman-temannya)

Di salah satu mall di Jakarta

Siti : wahhh, jadi ini mall-mall di Jakarta, percis kaya di tv yaa…
Irma : iyaaa mirip bgt, wah bagus-bagus barangnya, pasti mahal-mahal
Bina : iyaa lah, orang ini mall yang suka di pake shooting sama artis-artis…
Siti, Irma : ohhhh…
Siti : mahal-mahal ga disini ?
Bina : ga juga tuh, tapi di butik-butik tertentu ada yang harganya lebih dari 1juta…
Siti, Irma : haaaahhhhhhhhhaaahhh, mahal banget…
Irma : kapan yaa bisa beli barang itu…
Bina : bisaaa kumpul-kumpul aja dari sekarang..
Siti, Irma : iyaaa nanti aku mau beli itu, itu dan itu…(sambil nunjuk barang-barang yang bagus-bagus)

          Setelah berkeliling waktu pun menunjukkan pukul 4 sore, dan mereka pun pulang ke rumah masing-masing.

          Keesokan harinya, mereka masuk ke sekolah seperti biasa, dan tanpa siti dan irma sadari, teman mereka Encep yang satu kampung dengan mereka ternyata satu sekolah dengan mereka…

Encep : heyy, sit, ir, apa kabar ?
Siti, Irma : heyyy cep, (dengan senang) kenapa ada disini ?
Encep : yeee aku tanya apa kabar, malah balik nanya !
Siti : iyaaa aku baik-baik saja, kalo kamu ?
Encep : sama aku juga..kalo kamu ir ?
Irma : iyaa sama aku juga baik. Ohh ya cep, kenapa ada disini ?
Encep : ayahku pindah dinas ke Jakarta, dan aku di masukkan ke SMA ini..
Siti, Irma : ohhh, hadi kamu masuk kelas 10 apa ?
Encep : belum tau, kan sekarang mau ke ruang kepsek dulu.. ya udah, aku ke ruang kepsek dulu yaa, nanti ketemu lagi, dadahhh..
          Saat di kelas

Guru : Ass, anak-anak hari ini kalian kedatangan teman baru lagi
Robert : wahh, siapa bu ?
Guru : mari cep silahkan masuk

          Siti dan irma keliatan kaget sekaligus senang, melihat teman baiknya Encep masuk ke kelas mereka

Siti, Irma : heyyyy cep
Encep : heyy juga
Guru : ayooo cep, perkenalkan dirimu
Encep : haloo perkenalkan nama saya Encep Supardi, sama pindahan dari Jawa
Mario : sama kaya si siti dong..(tertawa)
Encep : iyaaa, saya teman baik siti dan irma
Mario : ohhh pantes…sama-sama katro..(tertawa kembali)
Guru : sudah-sudah mario, jangan begitu, nah cep silahkan mencari bangku yang kosong untuk kamu duduki.
Encep : baik bu..
Guru : baik kita, lanjutkan pelajaran kemarin

Saat istirahat

Encep, Siti, dan Irma berbincang-bincang di depan kelas, Encep yang punya sifat jail mendorong siti sampai jatuh kemudian mengejarnya

Siti : ehh, jail banget sih..
Encep : kejar kalo bisa
          Saat mengejar encep tak sengaja siti menabrak robert dan mario, sampai-sampai handphone punya Robert terjatuh

Siti, Robert : aduhhhh
(prakkkk saketika itu juga, handphone Robert terjatuh)
Siti : maaf, maaf aku ga sengaja (sambil mengambil handphone Robert yang terjatuh)

          Saat itu juga robert turun untuk mengambil handphone-nya, tangan mereka bersentuhan dan mereka pun saling pandang untuk beberapa saat

Mario : udah-udah ngapain kalian saling pandang gitu
(sesaat itu juga mereka pun melepaskan tangan)
Encep, Irma : heyy sit, kamu gpp
Siti : engga ko gpp
Robert : lain kali kalo jalan pake mata dong
Encep : udah dong, dia kan udah minta maaf, udah sit, kita ke kelas aja
Siti, Irma : ayooo…

Dari kejauhan ana dan nita melihat apa yang baru saja terjadi antara robert dan siti

Nita : an, liat tuh, ga tau diri bgt sih tuh anak
Ana : iyaaa tuh, mana tadi pegangan tangan sama robert lagi
Nita : udah lah kita ke kantin aja
Ana : iyaaa, lagian males juga ngeliatin hal kaya gituan


          Di rumah Robert

Ayah Robert : ckckckcck ini anak, ngelamun mulu kerjaannya (berbicara sendiri                 sebelum menegur robert)
Ayah Robert : woyyy kenapa lagi kamu ? mikirin apa sih ?
Robert : tadi pap, ada cewe dari jampang yang nabrak terus ngejatuhin hp aku
Ayah Robert : siapa memang namanya ?
Robert : siti pap namanya…
Ayah Robert : siti, siti, siti, ohh siti yang dapet beasiswa itu kan (sambil      berpikir)
Robert : iyaa pap..
Ayah Robert : memang kenapa ? kamu suka yaaa sama dia
Robert : ihh apaan enggalah pap,
Ayah Robert : jangan bohong kamu, keliatan dari wajah kamu itu..
Robert : emang iya gitu pap ?
Ayah Robert : iyaaa lah, kamu ga bisa boong sama papih…
Robert : iyaaa pih, robert sedikit suka sama siti, abisnya dia ga kaya cewe yang      lain sih…
Ayah Robert : nanti papih bantuin deh dapertin siti…
Robert : wahhh, serius pap
Ayah Robert : iyaaa buat anak papih, apa sih yang engga…(hhaaa)

          keesokan harinya, Robert bertemu dengan siti, yang biasanya Robert buang muka sekarang selalu memberikan senyum manis saat bertemu siti. dan pada di kantin Robert berinisiatif untuk mengutarakan perasaan sukanya kepada siti.

Robert : sit, aku mau bicara sama kamu ?
Siti : mau bicara apa ? disini aja, di depan teman-teman aku
Robert : disana aja, aku malu kalo disini !
Encep : gpp atuh disini aja…
Robert : ya udah deh… sit, aku mau bicara kalo aku “SUKA SAMA KAMU” sejak dari pertama aku liat kamu, kamu tuh ga kaya cewe lainnya tau ga ?
Siti : emang aku kenapa ?
Robert : kamu tuh baik, ceria, pinter pula…mau ga kamu jadi PACAR aku ?

(sontak Encep, Irma, dan Ana yang pada saat itu berada di kantin kaget)

Ana : tidak Robert aku udah suka sama kamu sejak lama, tapi kenapa kamu ga pernah nyadar..
Robert : aku tahu, tapi kamu itu bukan tipe aku, siti lah tipe yang selama ini aku cari, ayooo cepat siti jawab
Siti : yaaa, aku mau tapi bagaimana dengan ana dan … ?
Robert : dan siapa ?
Encep : aku, sudah sejak lama aku juga menyukai siti… bagaimana dengan aku sit, ama kamu tega sama aku…
Siti : aku juga syka sama kamu Robert
Robert : kalo begitu kita jalan-jalan yuks sekarang

          Siti dan Robert pun pergi meninggalkan teman-temannya di kantin kelas

…TAMAT…



Judul : Putri Jawa Masuk Kota
Anggota kelompok :
·         Muthi Afina Kusnadi        : Guru (G)
·         Kamila Bennita                 : Bina (B)
·         Luthfi Aulia Hidayat        : Robert (R)
·         Nadya Cahya Rani            : Siti (S)
·         Putri Farhanah S             : Ana (A)
·         Rahardi Yusuf S              : Encep (E)
·         M. Rizky Pratama            : Ayah Robert (AR)
·         Nisa Alfauziyyah             : Nita (N)
·         Irma Fitria                     : Irma (I)
·         Budi Ma’mur                    : Mario (M)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar