PENGARUH TEKNOLOGI KONTEMPORER

      Teknologi komunikasi adalah teknologi yang berhubungan dengan komunikasi jarak jauh, seperti telepon, e-mail, termasuk di dalamnya smartphone.
Siapa yang tak mengenal smartphone saat ini?, diera globalisasi ini, smartphone sudah merajarela bagaikan demam Justin Bieber yang terjadi di tahun 2010 yang lalu. Smartphone adalah ponsel yang dibangun pada sistem yang berbasis komputerisasi, dengan kemampuan komputer dan koneknitivitas yang canggih dan sangat berguna dari sebuah benda yang dinamakan ponsel . Dikalangan remaja (baca: siswa sekolah) smartphone sudah menjadi bagian hidup mereka. Bagaimana tidak, kita bisa lihat disemua penjuru sekolah selalu terdapat siswa yang menggunakan smartphone, mungkin diibaratkan seperti laut dan pantai yang tak bisa dipisahkan satu sama lain. Dilihat dari segi positifnya, memang smartphone memiliki banyak sekali keuntungan diantaranya seperti mempermudah dalam browsing, jejaring sosial, dan lain-lain. Beberapa contoh dari smartphone yaitu BlackBerry, iPhone dan Android.
      BlackBerry (BB)? Hmm... siapa yang tak mengetahui alat komunikasi yang memiliki berbagai tipe itu? ada tipe Curve Gemini, Bold Onyx, Javelin, dan lain-lain. Blackberry pertama kali diluncurkan pada tahun 2002 oleh RIM. Saat ini, BlackBerry sudah sangat marak dikalangan siswa. Ya, disetiap kelas pasti ada saja yang menggunakan BB (BlackBerry). Segi positif dari penggunaan BB dikalangan siswa yaitu mempermudah dalam berkomunikasi dengan teman melalui BBM (BlackBerry Messenger) sesama pengguna BB, browsing dan mengakses dunia maya (jejaring sosial seperti facebook dan twitter). Jika ada segi negatif pasti ada segi negatif dong. Segi negatifnya adalah siswa lebih sering menghabiskan waktu dengan BB dibandingkan dengan tugasnya sebagai siswa yaitu belajar. Mungkin tidak semua orang yang memakai BB seperti itu.
      iPhone, smartphone yang dianggap banyak orang paling smart dan paling unggul diantara smartphone lain. Berdasarkan yang saya ketahui sekarang, iPhone terbaru adalah iPhone 5. iPhone pertama kali diperkenalkan  pada tahun 2007 oleh Apple Inc. yang memperkenalkan cara browsing web yang sangat canggih. Gratis internet selama satu tahun untuk dua operator tertentu dengan kecepatan yang cukup tinggi atau kadang tanpa buffering, itu yang menjadi keunggulan tersendiri untuk iPhone. Di Amerika Serikat, sekitar satu per tiga warganya memakai iPhone dibandingkan BB. iPhone dengan sistem operasi yang multifungsi membuatnya berbeda dari smartphone yang lainnya.
      Android, smartphone yang pertama kali dirilis tahun 2008 yang didukung Google, Samsung, Motorola, dan Sony Ericsson. Kebanyakan Android memiliki aplikasi yang hampir sama dengan Google, seperti Google Maps, Calendar, Gmail, dan browser dengan kecepatan yang lumayan tinggi. Android memiliki aplikasi asli yang multitasking (banyak fungsi) dalam berbagai hal misalnya browsing. Salah satu contoh ponsel yang memakai fitur Android adalah Samsung Galaxy Spica i5700 yang memiliki cara browsing yang cepat dan bisa dibilang tanpa lelet tergantung versi Android yang digunakan. Mungkin sebagian orang, browsing menggunakan Android mengaku mantap dan memberikan dua jempol dengan kecepatan yang wah, tetapi sebagian orang juga mengeluh atas mahalnya biaya browsing dengan menggunakan Android terkecuali jika pemakaiannya menggunakan paket khusus.
      Saya memang bukan pengguna smartphone, tapi saya haus akan pengetahuan tentang teknologi yang sedang berkembang di dunia saat ini.

4 komentar:

  1. Wow tulisannya :D
    android emang canggih tapi tetep aja ada negatifnya :D, jadi manteng terus sama hp, belajarpun tertunda *eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyaa, tapi sebagian teman aku juga ngeluh pake android yang ga di paket harga browsingnya mahal..

      Hapus
    2. murah tau, apalagi kalau pake wifi, kita bisa belanja sepuasnya di marketnya, walaupun bikin hp nya jadi lola :D

      Hapus
  2. iyyaa kalo Wi-Fi ada, kalau engga, tetep aja kan pake biaya (pulsa)

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.