10 Tokoh yang Berpengaruh di Dunia Teknologi

Kebanyakan orang yang paling berpengaruh di dunia itu para politikus. Tetapi kalau di bidang teknologi tidak ada yang pernah diberi gelar orang paling berpengaruh di setiap akhir tahunBerdasarkan analisis PC World, terdapat tenaga broker Web, blogger, kalangan intelektual, dan pengusaha untuk menemukan kontribusi mengenai siapa yang menentukan cara pemanfaatan layanan Web orang di dunia.Berikut daftar orang-orang penting dan berpengaruh dalam dunia web.


1. Larry Page, dan Sergey Brin (Eksekutif Google)
    Lary Page dan Sergey Brin, mereka berdua adalah Raja di Internet. Lewat Mesin Pencari yang bernama Google, mereka mempermudah para netter untuk mencari informasi dengan Google. Selain itu juga mereka mempermudah orang berpromosi dengan Google AdWords, mencari uang dengan Google Adsense, blogging dengan blogger yang dan layanannya yang memang begitu fenomenal dan tidak bisa saya sebutkan satu per satu. Bahkan mereka telah menghibur dunia dengan youtube yang telah mereka akuisisi dan juga Android yang siap merubah dunia handphone. Jika harga saham Anda mencapai USD 500 per lembarnya, Anda berarti berhasil mengumpulkan uang sebanyak USD 33 miliar. Anda dapat menjalankan mesin pencari yang paling ramai trafiknya di Internet. Proyek kecil-kecilan Sergey Brin dan Larry Page asal Stanford berkembang menjadi gardu Web yang paling banyak dibicarakan dan salah satu dari beberapa nama pada daftar ini berubah menjadi verba. Schmidt meninggalkan Novell untuk bergabung dalam jajaran direktur Google pada tahun 2001 dan segera menjadi CEO perusahaan itu. Dengan mendominasi dunia periklanan online, Google sepertinya siap melakukan perjalanan akuisisi dan membeli YouTube menandakan langkah besar terhadap dominasi menyeluruh dalam bisnis Web.

2. Steve Jobs (CEO Apple)
    Tidak ragu lagi Anda pasti bosan dengan penghargaan media seputar aksi CEO Apple ini. Tetapi ketika seseorang mengaplikasikan gema musik gratis DRM ke seluruh dunia, sulit mengacuhkan kekuatan pengaruh pria tersebut. Jobs mempopulerkan download musik, acara TV, dan film secara legal. Melalui iPhone yang akan dirilis dalam waktu kurang dari lima bulan lagi, demonstrasinya pada MacWorld Expo memberi saran bahwa produk ini kemungkinan mempopulerkan Internet browsing menggunakan perangkat mobile.

Jika harga saham Anda mencapai USD 500 per lembarnya, Anda berarti berhasil mengumpulkan uang sebanyak USD 33 miliar. Anda dapat menjalankan mesin pencari yang paling ramai trafiknya di Internet. Proyek kecil-kecilan Sergey Brin dan Larry Page asal Stanford berkembang menjadi gardu Web yang paling banyak dibicarakan dan salah satu dari beberapa nama pada daftar ini berubah menjadi verba. Schmidt meninggalkan Novell untuk bergabung dalam jajaran direktur Google pada tahun 2001 dan segera menjadi CEO perusahaan itu. Dengan mendominasi dunia periklanan online, Google sepertinya siap melakukan perjalanan akuisisi dan membeli YouTube menandakan langkah besar terhadap dominasi menyeluruh dalam bisnis Web.Tidak ragu lagi Anda pasti bosan dengan penghargaan media seputar aksi CEO Apple ini. Tetapi ketika seseorang mengaplikasikan gema musik gratis DRM ke seluruh dunia, sulit mengacuhkan kekuatan pengaruh pria tersebut. Jobs mempopulerkan download musik, acara TV, dan film secara legal. Melalui iPhone yang akan dirilis dalam waktu kurang dari lima bulan lagi, demonstrasinya pada MacWorld Expo memberi saran bahwa produk ini kemungkinan mempopulerkan Internet browsing menggunakan perangkat mobile.  Sang CEO Apple ini telah membuat tahun 2010 sebagai tahun yang heboh lewat produk Apple terbaru yang bernama iPad setelah di pertengahan tahun 2010 dia telah membuat orang kecewa dengan masalah pada iPhone 4. Dengan adanya iPad ini kemungkinan iPad akan menjadi model komputer di masa depan.



3. Bill Gates (Direktur Microsoft Office)
    Semakin hari semakin matang saja nih Sang Penguasa Dunia Software (Bill Gates). Dia adalah orang terkaya di dunia berkat software, seperti DOS, XP, Vista, 7, dan SO Windows lainnya. Bahkan dia tengah mengembangkan Windows 8 yang katanya versi betanya akan dirilis di tahun 2011 serta dia telah merambah dunia internet lewat Mesin Pencari yang bernama Bing. Tetapi walaupun dia itu seorang hartawan tetapi dia menggunakan hartanya untuk kesejahteraan umat manusia. 

4. Jimmy Wales (Founder Wikipedia)

 Banyak pengunjung online menganggap ensiklopedi Internet Wikipedia sebagai penghentian pertama dan terakhir dalam pencarian sebuah topik. Konten yang dihasilkan penggunanya menjadi sangat dapat diandalkan sehingga majalah Nature mendeklarasikannya sebagai “sumber yang hampir seakurat [Encyclopedia].” Situs tersebut dikutip sebagai sumber informasi dalam lebih dari 100 keputusan pengadilan di AS sejak 2004. Tetapi popularitasnya juga menjadikan Wikipedia sebagai target oleh para spammer, kasusnya sangat banyak sehingga Wikipedia untuk sementara waktu memblokir akses dari seluruh negara Qatar untuk aksi pengeditan. Untuk menggagalkan usaha spammer, Wales putuskan penghapusan tag “nofollow” pada link eksternal, memberitahukan mesin pencari untuk mengacuhkan link dalam mencegah peningkatan buatan terhadap peringkat mesin pencari target link ini. Strategi ini menjamin keunggulan Wikipedia bahwa pencarian akan terus meningkat. Tetapi Wikipedia hanyalah langkah awal Wales. Ia juga meluncurkan mesin pencari pribadi bernama WikiSeek yang melakukan pencarian terhadap situs-situs yang disebutkan dalam Wikipedia.


5. Mark Zuckerberg (Pendiri Jejaring Sosial "Facebook")
       Sang pendiri Facebook ini adalah miliarder muda terkaya yang pernah ada. Di usianya yang masih muda saja dia menjadi orang yang kaya tanpa harta warisan dari kedua orang tuanya. Mantan Mahasiswa Hardvard ini adalah penggemar berat Bill Gates, di usianya yang masih muda saja dia jauh lebih sukses daripada sang idolanya pada saat Bill Gates masih muda. Berkat Facebook dia telah merubah dunia dan berkat kekayaan yang dia miliki dia menjadi dermawan mnegikuti jejak sang idola (Bill Gates).


6. Mike Schroepfer (Vice president of engineering Mozilla)

Dalam kelangsungan perang browser, Mike Schroepfer adalah jenderal bintang lima yang memimpin raksasa tentara open-source tetapi secara desentral yang terdiri dari para anggota dan relawan insinyur. Misinya: mengimprovisasikan Web browser terbaik di dunia, Firefox. Lingkungan open-source Firefox mungkinkan siklus pengembangan yang lebih cepat untuk pengintegrasian fitur baru dan keamanan tambahan. Verifikasi kesuksesannya adalah adopsi Internet Explorer 7 terhadap fitur FireFox seperti tabbed browsing.  Dia telah mempermudah kita untuk surfing di internet dengan web browser yang bernama Mozilla Firefox yang mampu mengalahkan dominasi Internet Explorer. Dengan tangan dinginnya Mozilla berhasil menjadi Rajanya Web Browser dan Mozilla firefox mungkin akan menjadi web browser yang akan tetap digunakan selamanya oleh para netter.



7. Jack Dorsey (Pendiri MicroBlogging "Twitter")
      Jack Dorsey adalah sang pendiri situs microblogging Twitter. Bagi anda yang merasa tweeple anda harus berterima kasih kepadanya, karena jika dia tidak ada maka anda tidak bisa nge-tweet. Dengan situs microblogging yang bernama twitter dia telah mempermudah pekerjaan para jurnalistik karena berbagai peristiwa seperti politik, pertandingan olah raga, bencana, entertainment, dan lainnya dengan mudah sampai kepada masyarakat.


8.  George Hotz
        George Hotz mungkin adalah hacker terhebat di tahun 2010. Dialah hacker yang pertama kali berhasil meng-hack system operasi PS3 dan juga dia berhasil meng-hack iPhone. Banyak sekali komunitas hack ps3 yang bermunculan setelah dia meng-hack ps3 yang membutuhkan waktu yang lama sekali, yaitu 3 tahun 2 bulan 11 hari. Selain itu juga dia pernah menantang Sony atas tindakan sony melakukan update firmware ps3 sehingga membuat pihak sony ketakutan.


9. Jerry Yang, David Filo, dan Terry Semel (Eksekutif Yahoo)

  Inovasi produk Google dan pembelian YouTube seharga USD 1,65 miliar mungkin mengacuhkan Yahoo dari kalangan publik, tetapi raksasa Web tersebut dipimpin oleh founder Yang dan Filo serta CEO Terry Semel yang melancarkan serangan balik. Dua tahun lalu, Yahoo mengambil alih situs photo-sharing Flickr dan situs bookmark sosial Del.icio.us. Perusahaan ini juga melanjutkan aksinya dengan peluncuran properti baru seperti Yahoo Food dan Yahoo Pipes (untuk pembuatan custom data feed). Pergeseran Yahoo ke platform iklan Panama mewakili usaha lain menarik pendapatan iklan yang telah dikuasai Google.



10. Sir Tim Berners-Lee (Direktur World Wide Web Consortium)

        Apa yang akan Anda lakukan setelah menciptakan World Wide Web dan menawarkan secara cuma-cuma? Mendirikan konsorsium yang bertujuan mengimprovisasikannya. Ilmuwan Inggris ini merancang Web browser, editor, dan language protocol (HTTP) pertama sementara juga bekerja sebagai ilmuwan untuk CERN (European Organization for Nuclear Research), dan ia mendirikan W3C pada 1994. Ia saat ini menyuarakan dukungannya terhadap netralitas Internet. Dan seperti kata kalangan perusahaan finansial terbilang tua bernama E.F. Hutton, jika Berners-Lee berbicara, semua orang akan mendengarkan.



Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.