ILMUWAN FISIKA

Siapa fisikawan terbesar abad 21??

     Albert Einstein dianggap sebagai salah satu fisikawan terbesar dan berpengaruh di abad 21 dan sepanjang masa. Einstein lahir di Jerman tahun1879. Suatu hari di tahun 1905, Einstein mengirim artikel fisika yang di dalamnya terdapat rumus yang sangat terkenal yaitu E=mc2, yang dibaca "energi setara dengan massa dikalikan kuadrat dari kecepatan cahaya". Di tahun yang sama, Einstein juga menulis tentang artikel fisika tentang efek fotolistrik. Dan penjelasannya di artikel ini Einstein  mendapat anugerah Nobel. Pendapatnya yang sangat terkenal tentang sains dan agama adalah : "Saya rasa sains dan agama bukanlah musuh alami. Kenyataannya, saya kira ada hubungan yang sangat dekat antara keduanya. Lebih lanjut saya fikir bahwa sains tanpa agama itu pincang, sebaliknya, agama tanpa sains adalah buta. Keduanya sangat penting dan harus kerja bahu membahu". Saking jeniusnya, sekarang orang-orang sering menggunakan kata "einstein" untuk menyebut kejeniusan seseorang.


Siapa fisikawan yang kejatuhan apel kemudian menjadi terkenal??
     Issac Newton (1643-1727) suatu hari belajar dibawah pohon apel. Tiba-tiba ada sebuah apel jatuh menimpa kepalanya. Newton kemudian bertanya-tanya 'mengapa apel bisa jatuh?". Pertanyaan ini menghasilkan jawaban yang sangat terkenal, yaitu karena adanya gaya gravitasi yang menarik semua benda ke bumi. Jawaban tersebut dituangkan ke dalam buku berjudul Philosophie Naturalis Principia Mathematica. Buku itu dianggap sebagai karya ilmiah terbesar sepanjang masa. Di buku itu juga dijelaskan tiga prinsip yang sekarang dikenal dengan  Hukum Newton. Namun karya terbesarnya Newton sebenarnya bukan penemuan gaya gravitasi, melainkan kalkulus. Newton-lah peletak dasar-dasar ilmu matematika kalkulus.
Kalkulus merupakan alat bantu dalam mengembangkan ilmu geomerti, listrik, magnet, panmas, aliran, dan lain-lain. Lahirnya ilmu kalkulus dianggap sebagai titik awal majunya peradaban modern. Sementara hukum Newton diikuti oleh ilmuwan fisika sampai suatu saat Einstein memperbaikinya.

Siapa fisikawan yang sekaligus politikus??
    Benyamin Franklin (1706-1790) termasuk salah satu bapak pendiri Amerika Serikat. Selain ditetapkan sebagai pahlawan nasional, Franklin juga seorang fisikawan hebat. Ia terutama terkenal dengan percobaan-percobaannya di bidang fisika listrik, Sebagai politikus ia tercatat sebagai salah seorang tokoh kunci dalam peristiwa kemerdekaan Amerika dan salah seorang perumus Declaration of Independence atau deklarasi kemerdekaan negara Amerika, Treaty of Paris atau perjanjian Paris dan United States Constitution atau Undang-undang Dasar Amerika. Ketiga naskah tersebut adalah naskah paling penting bagi sejarah Amerika Serikat. Tidak heran jika wajah Franklin diabadikan dalam uang pecahan $100 Amerika.
    Sebagai seorang pencipta, Franklin adalah orang pertama yang menciptakan penagkal petir, kompor franklin, pipa medis untuk dimasukkan ke dalam tubuh, sirip renang, kacamata bifokal untuk penderika rabun jauh yang juga rabun dekat, kursi goyang, dll. Selain itu, Franklin juga menguasai beberapa alat musik, bahkan pernah jadi pengubah musik.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.