PENDIDIKAN DI TENGAH MARAKNYA FACEBOOK DAN TWITTER


           Pendidikan adalah sesuatu yang dianggap oleh masyarakat sebagai penentu masa depan dari seorang manusia dan hal yang fitrah, karena pendidikan adalah suatu yang dibutuhkan oleh manusia di tengah peradaban dari masa ke masa. Sepanjang perkembangan zaman, dalam menyampaikan pembelajaran manusia banyak mengenal metode ceramah dan games. Pendidikan bertujuan untuk membekali manusia dalam berkomunikasi, berinteraksi, dan bersosialisasi satu sama lain untuk mencapai keselarasan hidup.
          Dengan bekal pembelajaran sosial yang kuat, cermat dan akurat, maka pada zaman apapun akan mampu membentuk suatu masyarakat yang mempunyai daya sosial yang baik. So, bagaimana dengan pendidikan masa kini yang dikelilingi oleh teknologi informasi dan komunikasi yang sangat canggih??, misalnya seperti aplikasi facebook dan twitter. Sebagian masyarakat sekarang khususnya anak muda sudah banyak yang mengandrungi facebook dan twitter sebagai alat komunikasi.
          Di era globalisasi seperti sekarang ini banyak siswa-siswi khususnya siswa putih abu yang menggunakan facebook dan twitter sebagai media pembelajaran. Misalnya di facebook ada fanpage Islamic Knowledge yang membahas tentang sejarah islam dan berbagai hal menarik yang berhubungan dengan Islam. Nah, dari situ kita bisa mempelajari bahwa kita tidak hanya bisa belajar agama di sekolah ataupun di organisasi tertentu melainkan di dunia maya yaitu facebook.
          Jika tadi di facebook, maka sekarang kita beralih di twitter, sebagai pengguna twitter yang aktif maka kalian pasti tau dengan tweet dari @AndaTahu atau @TwitPelajaran yang memuat tentang pengetahuan dunia. Jika di akun @AndaTahu memuat tentang informasi yang terjadi di seluruh dunia, mulai dari hal kecil sampai yang tek terduga seperti “Di Roma kuno, kotoran merpati digunakan sebagai bahan pewarna rambut. Sedangkan di Venice Renaissance, mereka menggunakan air kencing kuda”. Apakah ada yang sudah tahu sebelumya? Jika tidak, maka pengetahuan Anda bertambah sekarang!
          @TwitPelajaran memuat hal-hal yang berbau pengetahuan umum baik itu IPA, IPS, IPC, TIK, seperti dalam bidang IPA “Kelelawar melihat dengan bantuan?”. Di bidang IPS “Sebutkan usaha-usaha pemerintah daerah dalam upaya peningkatan penerimaan pajak?”. Di bidang TIK seperti “Apa kepanjangan dari HSDPA?”.  Maka dengan pertanyaan-pertanyaan seperti itu kita dituntut untuk bisa menjawab dari pertanyaan tersebut bukan? Jika tidak tahu maka kita bisa membuka buku, googling, bahkan bertanya pada sodara ataupun teman-teman.
          Lantas, kitapun berpikir, apakah pengaplikasian dunia maya tersebut sangat signifikan terhadap pendidikan bangsa? Mungkin jawabannya haruslah dijawab secara bijak, karena teknologi dirancang semata-mata untuk kepentingan dan kesejahteraan umat manusia.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.