Aplikasi Teknologi dalam Dunia Pendidikan


               Teknologi, kata teknologi memiliki banyak jenis seperti teknologi informasi, teknologi komunikasi, teknologi transportasi dan lain-lain. Teknologi dapat dikatakan sebagai suatu perkembangan penemuan media atau alat yang digunakan dengan lebih bijak yang berguna untuk memproses serta mengendalikan suatu masalah.
                Teknologi adalah suatu metode ilmiah untuk mendapatkan suatu tujuan yang praktis dari ilmu pengetahuan yang bisa diartikan pula sebagai sarana untuk menyediakan alat yang dibutuhkan bagi kenyamanan hidup seluruh umat manusia.
                Menurut wikipedia, secara etimologis kata teknologi berasal dari kata “techne” yang berarti serangkaian prinsip atau metode rasional yang berkaitan dengan pembuatan suatu objek atau kecakapan tertentu atau pengetahuan tentang prinsip-prinsip atau metode dan seni.
                Pada abad ke-21, komputer sudah menjadi suatu media yang sangat kontroversial di belahan dunia, terlebih jika komputer tersebut dilengkapi oleh jaringan internet. Jaringan internet adalah jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer ke seluruh penjuru dunia, sehingga informasi dari belahan dunia secara instan dapat kita ketahui. Teknologi membuka mata dunia akan sebuah dunia baru yang lebih menarik, membuat interaksi baru, market place baru dan sebuah bisnis antar negara yang tanpa batas.
                Teknologi informasi dan komunikasi, bukan hanya memuat hal-hal yang tabu seperti dunia selebritis yang masih berbau kontroversi yang masih belum diketahui kebenarannya, melainkan teknologi juga mengandung unsur pendidikan. Seperti halnya dalam pembelajaran, sekarang sudah banyak sekolah di Indonesia yang menggunakan teknologi sebagai salah satu media dalam menyampaikan materi pembelajaran. Bagaimana tidak, sekarang kita bisa lihat para siswa dan tenaga pendidik banyak yang manggunakan teknologi misalnya menggunakan komputer  dan internet. Seperti yang kita lihat sekarang, membuka blog saja sudah membutuhkan jaringan internet bukan?
                Dalam upaya meningkatkan proses pendidikan di tanah air dan menyambut teknologi di abad milenium ini, ilmu mendapat penghargaan yang sangat tinggi. Dalam melakukan transfer ilmu, banyak sarana yang dapat digunakan. Melalui media internet, ilmu dapat disebarluaskan secara tepat, murah dan terjamin serta jarak pun tidak lagi merupakan halangan.
                Dengan adanya kemajuan internet, tidak sulit bagi para siswa untuk memanfaatkan fasilitas internet yang ada di sekolah, warnet, cafe, hotspot ketika membutuhkan untuk mencari sumber informasi sebagai bahan belajar baik secara mandiri maupun secara kelompok, bahkan untuk bahan penelitian.
                Sekarang banyak guru-guru yang memberikan tugas kepada murid-muridnya melalui media internet, mengirimkan tugasnya melalui e-mail, dan lain-lain. Itu secara tidak langsung membuat para siswa cakap dalam menggunakan teknologi sebagai media pembelajaran. Kita tahu bahwa Indonesia memiliki Bapak BJ. Habibie yang mempunyai kejeniusan dalam bidang teknologi. Beliau mampu membuat kereta api, pesawat terbang dan lain sebagainya. Dengan kecakapan berteknologi kita bisa menjadi generasi penerus bangsa dan menjadi Habibie-Habibie masa depan yang siap membawa harum nama Indonesia di kancah Internasional.

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.